Kamis, 23 Juli 2009

Membangun diri yang berkualitas

Sebagai karyawan atau pribadi wirausaha yang diliputi dengan kesibukan disetiap hari janganlah kesibukan menjadikan sebuah persoalan tapi sebagai peluang untuk menciptakan kesuksesan dimasa yang akan datang karena kebahagiaan tidak dicari tapi diciptakan begitu juga kesuksesan kita,disaat seperti itu kadang kala kita stress karena menghadapi berbagai tuntutan apalagi tuntutukan suatu kebutuhan yang mendesak, beberapa hari yang lalu saya pernah membaca artikel dari seorang general manager perkebunan dalam artikelnya yang disadur dari Total Quality Management yang mungkin bisa membantu kita untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari sehingga kita tidak stress tapi selalu merasa puas dengan rezki yang kita terima hari ini, ini tips – tips yang membangun diri kita berkualitas,
1. Berfikirlah sistematis untuk maju dan kemajuan serta lihat masa depan, dengan etika yang berkharisma.
Ø Bertindaklah/lakukan kerja dengan skala prioritas serta tanggung jawab yang diterima akal/logika.

2. Hindari alasan lupa dan tdak tahu. Introspeksi kedalam, buat perubahan dengan kemauan dan kerja keras untuk memperoleh hasil yang baik. Bisa memberitahu, mampu mengerjakan.

3. Buat catatan penting untuk mendukung kemampuan akal dalam pelaksanaan karya agar sukses.
Ø Lakukan kontrol frekwensional dan terpadu, periodik atau rutin.

4. Yang aman kuasai pekerjaan secara cermat mungkin, kuasai masalah sedini mungkin / atasi dalam waktu singkat. Hargailah pekerjaan dimana anda bekerja.
Ø Tanggap dengan situasi kelancaran kerja.

5. Perbaiki kualitas diri dalam teknis dan pencapaian hasil yang dikerjakan. Masuklah dalam kelompok personil berkualitas / tegas pada ukuran waktu.

6. Berkarya untuk target / aktifitas Produksi dalam lingkup posisi aktif dan efektif guna mencapai kemantapan, kemandirian, pengelolaan yang profesional.
Ø Pelihara arus bolak balik data dan komunikasi yang berkesinambungan .

7. Selalu mempedomani petunjuk, teknis, tata laksana standard action jelas Check & Recheck sehingga prestasi team handal, tidak percuma.

8. Melakukan, bertindak atas suatu dasar / aturan yang jelas, selektif menyikapi, realisasikan tindak lanjut, kendalikan efek samping, tepat sasaran & Schedule, kualitas utama.

9. Hindari resiko kegagalan, kehilangan (losses) dengan strategi dan pengamanan yang memadai. Utamakan keselamatan raga & jiwa.
Ø Sensitif terhadap semua kerusakan, kerugian dan kegagalan.

10. Jaga Aset perusahaan sebagai wujud rasa memiliki.

11. Jadilah anda orang terdepan dalam kualitas dan produktifitas dalam satu team yang ada pengalaman, serta tepat waktu.

12. Pilih rezeki yang halal, berusaha dan berkarya diiringi do’a.


Demi waktu, hari yang dilalui pasti menjadi bermafaat, sehingga berguna dengan nilai hari memiliki arti didukung evaluasi serta perbaikan kembali menuju kualitas the best bagi kita, pekerjaan, keluarga, dan lingkungan anda

Sumber : Ir. Lucky S.R
For :Total Quality Management

1 komentar:

  1. Tips yang bermanfaat mas, khusus no.12 "Pilih rezeki yang halal, berusaha dan berkarya diiringi do’a",wajib dilakukan siapapun.

    Blognya bagus mas :)

    BalasHapus