Sabtu, 01 Agustus 2009

Kiat -Kiat Meraih Sukses


Pagi yang cerah, seindah matahari pagi memancarkan cahayanya… sebait kata positif yang mungkin bisa mengugah otak bawah sadar kita untuk memulai hari ini yang penuh semangat untuk sebuah kesuksesan, siapa sich yang ngak mau sukses dan siapa yang mau gagal, tapi dua kata selalu beriringan dalam kehiduapan ini, jika ada yang gagal pasti ada yang sukses dan jika ada yang sedih pasti ada yang bahagia,.. ok sahabat kalau belum pernah baca buku karangan Jim Dornan dan John Maxwell tentang strategi menuju sukses dan disana diuaraikan Kiat – kiat yang mengarahkan pada kita untuk selalu berfikir positif untuk menuju suatu kesuksesan,..mari kita sama – sama simak kembali, semoga kita temukan apa yang kita inginkan dan bermanfaat bagi orang lain, beberapa kiat untuk meraih sukses antaralain :
1. Terlebih dahulu anda harus melakukan evaluasi terhadap kegagalan anda yang terakhir anda alami, lalu anda ajukan pertanyaan –pertanyaan dibawah ini :
- Apa penyebab kegagalan saya ?
- Kiat apa yang dapat saya terapkan bila saya menghadapi situasi yang sama kemudian yang sekiranya dapat memuluskan jalan menuju keberhasilan saya.
- Apakah salah satu penyebab dari kegagalan saya adalah kelemahan pada saya sendiri? Jika jawabannya adalah “ya”, apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut ?
- Apa yang harus saya lakukan untuk kembali pada tujuan semula saya belum siap?

2. Seringkali dari kegagalan justru muncul peluang – peluang yang tak terduga. Dengan merenunggi kegagalan dimasa lampau, anda menjadi sadar, bahwa ada langkah – langkah yang seharusnya saat itu anda bisa ambil untuk menghindarkan gagalnya penyelesaian terhadap peluang – peluang yang sebenarnya ada. Semua orang pasti punya peluang, walau pun mungkin jumlahnya tidak sama. Dari hasil pengamatan tersebut, coba renungkan peluang – peluang macam apakah yang mungkin timbul dari kegagalan anda tersebut. Apa yang harus anda perbuat untuk bisa memanfaatkan peluang – peluang yang terbuka sekarang ini ?
http://ambil.info/jayatrie782

3. Ambil 3 tokoh orang yang telah berhasil sebagai contoh. Temuilah mereka, lalu tanyakan kepada mereka masing – masing tentang cara mereka pakai untuk mendapatkan dan memanfaatkan peluang – peluang yang membuat mereka sukses. Anda bahkan bisa bertanya kepada mereka mengenai peluang –peluang apa yang ada disekitar anda, yang kira-kira bisa anda manfaatkan .

4. Bacalah biografi orang – orang yang anda kagumi karena ketegaran serta kemampuan mereka dalam mengatasi kegagalan. Tulislah sifat – sifat dan kebiasaan mereka yang membawa mereka ke gerbang kesuksesan. Lalu cobalah untuk juga menerapkan sifat dan kebiasaan mereka itu pada kehidupan anda sendiri.

5. Tuliskanlah prinsip – prinsip kegigihan ciptaan anda sendiri ( semacam yang telah diuraikan oleh Harold Sherman ). Pasang catatan anda tersebut ditempat-tempat yang strategis sehingga dengan mudah anda bisa anda melihatnya setiap hari.

6. Buatlah penilaian pada diri anda sendiri secara berkala untuk mengetahui apakah anda telah menerapkan prinsip – prinsip tersbut didalam kehidupan anda atau belum?

Artikel ini disadur dari Buku Strategi Menuju Sukses karanngan Jim Dorman dan John Maxwell, semoga bermanfaat
Salam dari Pulau Rupat
Susilo

2 komentar:

  1. setuju sekali Mas, pada point ke 3, Temuilah mereka, lalu tanyakan kepada mereka masing – masing tentang cara mereka pakai untuk mendapatkan dan memanfaatkan peluang – peluang yang membuat mereka sukses.

    Kita bisa mencontek cara-cara mereka agar bisa sukses, dan terkadang kita harus meniru cara mereka, karena kita tidak bisa membuat cara sendiri untuk sukses (misal pada bidang tertentu) jadi kita ikuti saja cara yang sudah ada.
    salam kenal mas. :)

    BalasHapus
  2. Setuju banget ma kiat2 mas, perlu dipraktekan kiat2 dari mas...

    BalasHapus